Danpusdikter

Kolonel Inf Didied Pramudito, S.E.













    Pengunjung saat ini

    000002


    Telah dikunjungi

    071439





    Menurut Anda Website Pusdikter saat ini ?

    Bagus
    Biasa saja
    Kurang Bagus

    Lihat Hasil Poling




Sabtu, 02 Februari 2013 - 09:40:56 WIB
PEMBEKALAN DANPUSTERAD
Diposting oleh : Kapten Cpl Herdi S
Kategori: berita - Dibaca: 515 kali

Danpusterad Mayor Jenderal TNI Indra Hidayat R  pada hari Jum’at tanggal 1 Pebruari 2013 memberikan pembekalan kepada para Peserta Penataran Training Of Trainer dan seluruh Perwira Organik Pusdikter Pusterad. Pembekalan tersebut disampaikan sesaat sebelum Acara Penutupan Penataran Training Of Trainer yang berlangsung di Aula Jenderal Ahmad Yani Pusdikter Pusterad jalan Gadobangkong 146 Padalarang Bandung. Sebelum memberikan Pembekalan Danpusterad didampingi Danpusdikter Pusterad Kolonel Kav Hasto Pr Yuwono, S.IP dan Wadan Pusdikter Letkol Arh Halomoan, FSA, S.H serta para Tamu lainnya melihat budidaya ikan Lele yang dilaksanakan oleh Pusdikter.

 

 Gambar. Danpusterad Mayjen TNI Indra Hidayat R sedang melihat Budidaya ikan Lele di Pusdikter

Dalam Pembekalan yang berjudul “ Optimalisasi Binter Untuk Mencegah Berbagai Konflik “ Danpusterad memaparkan bahwa  inti sasaran Pembinaan Teritorial adalah mewujudkan RAK Juang yang tangguh dan Kemanunggalan TNI – Rakyat untuk Kepentingan Pertahanan Negara. Aparat Komando Kewilayahan harus memahami dan menguasai benar hal-hal apa saja yang berkaitan dengan pelaksanaan Binter. Dalam pelaksanaan BInter Apkowil harus dapat megimplementasikan Sikap Teritorial yang antara lain senyum, salam, sapa, tidak arogan /  sombong / aksi kekerasan, saling menghargai & kompak, saling membantu / berbagi, gotong royong, tdk melanggar agama, adat & hukum, penyesuaian diri & menyatu dgn rakyat.

Selanjutnya Danpusterad juga menyampaikan bahwa kegiatan Binter harus diawaki oleh personil Satkowil yang tentunya harus mengerti dan paham tentang kemampuan Binter dan metode Binter yang meliputi kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos), Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) dan Bakti TNI, serta mampu mengaplikasikan Sikap Ter, 5 (lima) Kemampuan Ter, Sisrendal Binter tingkat Kodim/Korem dan Ketatalaksanaan Binter tingkat Koramil. Aparat Satkowil juga dituntut mampu dan mahir dalam mengaplikasikan ke tiga Metode Binter tersebut di masing-masing wilayah yang menjadi tanggung jawabnya yang tentunya mempunyai corak dan ciri yang berbeda antara daerah satu dengan daerah lainnya.

     Danpusterad juga mengingatkan disamping Apkowil harus mampu dan mahir menerapkan dan mengaplikasikan metode Binter, juga harus mempunyai kemampuan Teritorial lainnya diantaranya adalah kemampuan mengoperasionalkan Komputer dan Internet, kemampuan menguasai bahasa daerah setempat, mahir dalam pertolongan pertama di lapangan, ilmu navigasi serta mampu menguasai media dan Teknologi Informasi (IT). Danpusterad dalam Pembekalan juga menyampaikan bagaimana karakter/sifat yang harus dimiliki oleh Apkowil khususnya Babinsa yang nantinya akan berhadapan langsung dengan masyarakat yang menjadi binaannya. Karakter/sifat tersebut antara lain adalah selalu berpikiran positif (Positif Thinking), hilangkan pikiran negative ( Negatif Thinking ) dan mampu mengembangkan energi Positif yang dimilikinya kepada masyarakat.

  

             Gambar. Danpusterad Mayjen TNI Indra Hidayat R sedang memberikan Pembekalan

Pada Pembekalan tersebut  Danpusterad juga menguraikan UU No. 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial. Dalam UU tersebut diuraikan tentang pencegahan konflik, penanganan konflik dan pemulihan pasca terjadinya konflik serta  keterlibatan TNI dan bagaimana prosedur permintaan bantuan dari Polri kepada institusi TNI apabila terjadi Konflik sosial di lingkungan masyarakat. Dalam UU No. 7 Tahun 2012 tersebut diatur tentang mekanisme dan prosedur penanganan apabila terjadi konflik sosial, tahap-tahap pencegahan dan tahap-tahapm pemulihan pasca terjadinya Konflik. Sejauh mana Peran TNI dalam membantu Polri dan Pemda apabila terjadi Konflik yang terjadi di masyarakat.

  

                                     Gambar. Perserta Pembekalan Danpusterad         

Pada akhir pembekalan Danpusterad mengambil Kesimpulan bagaimana peran Satkowil apabila terjadi Konflik di lingkungan masyarakat yang antara lain adalah pembenahan sarana/prasarana dan materiil Satuan yang mantap, revitalisasi kegiatan Binter, mantapkan ketahanan di bid Ipoleksosbud Hankam, hadapi segala permasalahan dengan Smart Power serta persiapan untuk mengahadapi Perang Semesta. Apabila itu semua bisa dilaksanakan, maka kita akan mampu menjaga keutuhan NKRI.



Berita terkait
0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
E-mail * : (wajib diisi)
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 









Nama
Pesan