Danpusdikter

Kolonel Inf Didied Pramudito, S.E.













    Pengunjung saat ini

    000002


    Telah dikunjungi

    094293





    Menurut Anda Website Pusdikter saat ini ?

    Bagus
    Biasa saja
    Kurang Bagus

    Lihat Hasil Poling




Sabtu, 08 Desember 2012 - 20:01:44 WIB
APEL DANREM DANDIM TERPUSAT TA. 2012
Diposting oleh : Pamops
Kategori: berita - Dibaca: 768 kali

Bertempat di Secapad Bandung pada tanggal 3 – 7 Desember 2012 dilaksanakan Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012. Apel tersebut dibuka pada tanggal 3 Desember 2012 oleh Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo. Kegiatan tersebut diikuti oleh Seluruh Danrem dan Dandim seluruh Indonesia dan para Aster seluruh  Kodam, Aster Balakpus serta dihadiri oleh Peninjau dari seluruh Balakpus TNI AD yang ada di Indonesia. Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012 kali ini mengusung tema “ Melalui Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012 Kita Samakan Sikap, Pola Pikir Dan Pola Tindak Aparat Kowil Dalam Rangka Mendukung Tupok TNI AD Serta Terwujudnya Kemanunggalan TNI  Rakyat “.

 

Dalam sambutan pada Pembukaan Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012 Kasad Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo menegaskan dan menekankan pada kinerja Satkowil khususnya pada aspek Kepemimpinan mulai dari tingkat Danrem s/d tingkat Babinsa. Sehubungan dengan perubahan situasi, dmana pada saat ini semua telah dilakukan dengan transparan, maka para Dansatkowil tidak dapat lagi menggunakan istilah “ Pokoknya”, namun harus mengedepankan pemahaman tentang Hukum yang berlaku. Kasad juga memberikan penekanan bahwa “ Menjadi Komandan itu mudah tetapi untuk menjadi seorang Pemimpin tidaklah mudah”, karena untuk menjadi seorang Pemimpin perlu adanya proses pematangan.

 

              Gambar.   Peserta Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012

 

Mencermati perkembangan situasi keamanan saat ini, Kasad menjelaskan bahwa Pemimpin negara ini menyatakan kerisauannya khususnya karena masalah konflik komunal dan horisontal yang terjadi di masyarakat. Oleh karena itu para Dansat kowil harus memahami betul Tugas Pokok TNI AD berdasarkan UU RI No. 34 Tahun 2004 tentang TNI yaitu Menegakkan Kedaulatan Negara, Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Untuk mengimplementasikan pemahaman Tugas  Pokok TNI AD tersebut maka para Dansat Kowil harus berani bertindak untuk menegakkan kebenaran. Lebih jelasnya Kasad mencontohkan bahwa apabila ada sekelompok masyarakat yang memaksa kelompok lain untuk berdemo padahal mereka ingin bekerja, maka Dansatkowil harus menghentikan pemaksaan tersebut. Kasad juga menjelaskan contoh-contoh serupa lainnya.

 Danrem, Dandim dan Babinsa adalah pengemban terdepan tugas Pemberdayaan Pertahanan di darat. Dihadapkan pada kondisi saat ini, yang harus dilakukan para Babinsa adalah : Deteksi Dini, Cegah Dini dan Lapor Cepat kepada Satuan Atas pada kesempatan pertama.

    

Kasad juga menekankan bahwa rakyat sekarang ini menunggu dan mengharapkan kinerja para Aparat Kowil. Oleh karena itu para Dansatkowil harus mengoptimalkan kinerja tersebut. Kasad juga menambahkan bahwa masyarakat lebih menyukai Lapor ke Danramil karena langsung ditindaklanjuti.       

Beberapa penekanan penting yang disampaikan Kasad pada Pembukaan Apel Danrem Dandim Terpusat TA. 2012 diantaranya adalah sekarang ini kalau mau melangkah harus sesuai dengan Hukum, ketahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan berdasarkan Hukum. Pemimpin harus berani mengambil tanggung jawab sesuai pangkat dan jabatannya. Babinsa sebagai Aparat Kowil terdepan tidak boleh berbuat SALAH, karena apabila dia SALAH dalam berbuat, maka kita akan mundur jauh ke belakang. Para Dansatkowil harus memprioritaskan membina para Babinsanya, apabila ada Danramil atau Babinsa yang tidak bisa bekerja atau hanya jadi biang keladi di lapangan, maka harus diganti oleh Personil yang lain.

    

 Pada bagian akhir amanatnya Kasad menekankan Pedoman keyakinan bertindak kepada Dansatkowil melalui Diskusi dengan membahas 3 pertanyaan inti yaitu : Apa yang membuat kalian Ragu ? Apa yang membuat kalian takut bertindak  ? dan Apa yang menjadi Kendala selama koordinasi di lapangan  ?

  Melalui forum tanya jawab dan berdasarkan arahan Kasad, para peserta Apel Danrem Dandim memahami dan menyatakan keyakinan untuk berani dan tidak ragu dalam bertindak serta mampu mengatasi kendala dalam berkomunikasi di lapangan sesuai dengan situasi dan kondisi di daerah penugasan masing-masing.



Berita terkait
0 Komentar :



Isi Komentar :
Nama :
E-mail * : (wajib diisi)
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 









Nama
Pesan